Omzet Jutaan Rupiah Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Redaksi 672 Kali Dilihat 0 Komentar

Omzet Jutaan Rupiah Bisnis Budidaya Ikan Cupang

OMZET IKAN HIAS : Ikan Cupang Siam. (foto : ist)

SURABAYA - ikan hias cupang akhir-akhir ini kian populer, tren dan potensi usaha yang menguntungkan. Jenis ikan satu ini berasal dari Asia dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Thailand hingga Indonesia.

Meskipun perawatannya mudah, namun ikan cupang mudah sekali stres ketika hanya dieksploitasi untuk modal jual-beli, tanpa mendapatkan perawatan yang baik.

Ikan Hias Cupang. (foto : ist)

Maka untuk menjadikan ikan cupang istimewa, sebab tanpa aerator atau alat sirkulasi udara pun, ikan yang hanya memiliki ukuran tubuh maksimal 5 cm ini tetap dapat hidup.

Ikan hias cupang merupakan ikan hias sangat agresif yang terkenal suka berkelahi satu sama lainnya ini rata-rata rentang hidup hanya dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun. Maka untuk perawatan ikan cupang atau disebut ikan petarung meliputi makanan, asupan cahaya, dan stimulasi mental yang tepat. Bagi pemilik tak disarankan meletakkan dua ikan cupang dalam satu wadah atau tempat bersama.

Maka tak heran jika akhir akhir ini harga ikan cupang melambung tinggi di masyarakat jika diketahui punya riwayat hebat dalam bertarung.

Kendati demikian, harga yang telah dipatok hingga puluhan juta ini tak dapat dipukul rata dengan jenis ikan yang sama. Sebab ada faktor lain yang memengaruhi harganya. Semakin unik dan indah ikan cupang, tentu harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

Jika Anda berminat menekuni budidaya yang satu ini, maka, cobalah mulai dengan mengoleksi beberapa jenis ikan cupang. Tak menutup kemungkinan, ikan yang Anda rawat akan memiliki keunikan tersendiri, dan membuatnya memiliki nilai daya jual yang tinggi.

Berikut lima ikan cupang termahal :

1. Ikan Cupang Kachen Worachai
Ikan Cupang Kachen Worachai yang memiliki corak garis horizontal biru, merah dan putih ini seharga Rp20 juta, kemungkinan menjadikannya ikan Cupang termahal yang pernah dijual.

2. Cupang Half Moon
Ikan Cupang Half Moon merupakan hasil kawin silang yang memiliki ekor dan sirip yang simetris mirip dengan setengah bulan dibandrol dengan harga Rp10 juta. 

3. Cupang Dragon White Platinum

Harga ikan Cupang Dragon White Platinum ini Rp9,5 juta. Ikan Cupang Dragon White Platinum memiliki ciri khas sisik seperti mutiara hingga ke kepala. Sisik ikan cupang ini mengkilap, tebal, dan menonjol.

4. Cupang Pee Kloaw Betta
Ikan Cupang Pee Kloaw Betta ini memiliki kecantikan yang menarik dengan warna yang beragam disirip dan ekornya. Ikan ini bisa terjual dengan harga Rp21 juta. 

5. Cupang Betta Half Moon King of Gold Dragon
Cupang Betta Half Moon King of Gold Dragon merupakan perpaduan dari ikan cupang half moon yang memiliki sirip simetris mirip dengan setengah bulan dengan cupang dragon. Cupang ini memiliki warna emas yang mewah. Ikan ini harganya Rp 7,9 juta. (Far)

Tinggalkan Komentar