Siti Mukminah : Tips Tetap Sehat Dan Bugar Di Pandemi Covid-19

Redaksi 95 Kali Dilihat 0 Komentar

Siti Mukminah : Tips Tetap Sehat Dan Bugar Di Pandemi Covid-19

Sebelah kiri Kepala Bidan Desa Tebul, Kwanyar, Bangkalan, Siti Mukminah. (foto : advokasi.co)

BANGKALAN - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih terus menambah kasus baru. Bahkan, virus corona penyebab Covid-19 juga bermutasi menghasilkan varian yang lebih menular, yakni virus Delta (B.1.1.7.).

Kepala Bidan Desa Tebul, Kwanyar, Bangkalan, Siti Mukminah. (foto : advokasi.co)

Namun, Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa kebersihan memiliki hubungan erat dengan kesehatan. Menjaga kebersihan akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan. Disamping itu selama pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia perubahan gaya hidup atau berbagai kebiasaan baru mulai diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari pada setiap orang.

Kepala Bidan Desa Tebul, Kwanyar, Bangkalan, Siti Mukminah saat acara di Kecamatan Kwanyar. (foto : advokasi.co)

Gaya hidup atau kebiasaan baru tersebut adalah menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), jaga jarak, rajin mencuci tangan, selalu pakai masker, memakai handsanitizer dan tidak menyentuh area wajah menggunakan tangan.

Agar semua tetap memiliki gaya hidup sehat aktif. Sebab, itu adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, maka untuk meningkatkan daya tubuh kuat adalah menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ada beberapa cara (tips) kesehatan sederhana yang direkomendasikan oleh Kepala Bidan Desa Tebul, Kwanyar, Bangkalan, Siti Mukminah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saat pandemi Covid-19 dan mutasi virus corona B.1.1.7, antara lain:

1. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan minum susu bercalsium, vitamin dan suplemen yang mengandung vitamin c, Zink, dan B komplek.

Makan sayur dan buah setiap hari sangat penting, karena : mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, juga mengandung serat yang tinggi. Selain itu juga banyak memilki kandungan vitamin, mineral, aktioksidan, serta serat yang tinggi dibanding jenis makanan lainnya.

Begitu pun minum susu bercalsium dan vitamin. Susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang dapat melakukan banyak hal termasuk memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan tubuh. Begitu besar manfaat mengkonsumsi buah buahan dan sayuran bagi kesehatan tubuh, maka mulai saat ini gantikanlan menu cemilan dan kudapan seperti kue, cokelat, gorengan dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran; mungkin juice buah dan sayuran menjadi menu pilihan yang menarik.

2. Asupan vitamin dan mineral untuk penunjang dan menjaga stamina agar tetap fit.

Vitamin dan mineral tetap diperlukan untuk menunjang kinerja tubuh kita meskipun kita sedang beraktivitas di rumah saja. Tanpa asupan vitamin dan mineral yang cukup, tubuh kita dapat mengalami gejala fisik. Misal, kekurangan vitamin C kita dapat mengalami sariawan atau gusi berdarah dan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan imunitas. Utamanya, sebagian besar kebutuhan ini dapat terpenuhi ketika kita memiliki pola makan yang baik. Kebutuhan gizi setiap orang akan berbeda-beda.

Namun, jika mengonsumsinya lebih dari batas aman, ini akan menyebabkan masalah kesehatan atau terkena hipervitaminosis. Batas mengonsumsi vitamin 500 mg sampai 1000 mg.

3. Konsumsi buah dan vitamin A, C, E

Bila konsumsi buah yang mengandung vitamin A, C dan E, seperti jeruk, pepaya, buah naga, anggur terpenuhi secara rutin, sistem imun tubuh akan mengalami peningkatan. Hal ini penting mengingat fungsi sistem imun dalam menangkal infeksi dan penyakit bisa menurun seiring bertambahnya usia.

4. Olahraga

Olahraga di rumah adalah langkah praktis dan menyehatkan karena tubuh aktif bergerak dan meminimalisir penularan Covid-19.

Olahraga ringan di rumah yang bisa di coba, seperti sit up, stretching (peregangan adalah serangkaian gerakan untuk melatih fleksibilitas anggota badan seperti punggung, kaki, dan tangan) selama 10 sampai 15 menit.

5. Istirahat dan minum air putih

Memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Selain itu pastikan diri selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Kemudian makan cukup dengan memperhatikan menu makanan seimbang, hindari stres, ibadah dan berdoa serta mengaji, melakukan hobi atau pengalihan kegiatan yang kita senangi setelah lelah beraktivitas. (wahyu)

Tinggalkan Komentar