Puskesmas Camplong Gelar Tracing, Testing dan Treatment

mihari 90 Kali Dilihat 0 Komentar

Puskesmas Camplong Gelar Tracing, Testing dan Treatment

Putugas Kesehatan Melakukan 3T (Dok:ist / Hari/Sinarbangsa.com)

SAMPANG - Pusat Kesehatan Masyarakat, merupakan salah satu jenis layanan kesehatan pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal ini tentu memiliki peran penting dalam pengendalian penyakit yang beredar di masyarakat, karena pelayanan utama yang lebih dekat dengan masyarakat.

Demi terciptanya pengendalian pandemi covid-19 yang lagi ganas-ganasnya ini puskesmas memiliki peran yang besar sebagai ujung tombak utama pelayanan serta menjadi garda terdepan dalam melakukan 3T testing, tracing, dan treatment. dan memiliki peran aktif dalam penelusuran kontak erat pasien covid-19, selain itu juga berperan sebagai pemantau bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Namun di tengah kasus Covid-19 di beberapa daerah belakangan meningkat. Kondisi ini menjadi prioritas tersendiri bagi masyarakat. Begitu pula di Kecamatan Camplong, kasus Covid-19 juga meningkat. Oleh karenanya Puskesmas Camplong mengintensifkan kegiatan Tracing, Testing Dan Treatment (3T).

Kegiatan 3T ini dilaksanakan oleh tim tracer dari berbagai lintas sektor. Di antaranya tim surveilans puskesmas, kecamatan, polsek, koramil dan tentu saja relawan Covid-19 Selasa (27/07/2021)

Dalam kegiatan tersebut dilakukan oleh tim tracer Puskesmas Camplong melaksanakan tracing dan testing kepada masyarakat wilayah kerja puskesmas Camplong dan Kegiatan itu didasarkan dari laporan Satgas Covid-19 tingkat desa yang diteruskan ke tingkat kecamatan," Kata Dr. Hendry Ariyanto Kepala Puskesmas Camplong

“Tim satgas langsung bergerak cepat, dengan tim percepatan penanganan Covid-19 Kecamatan Camplong mempersiapkan tim tracer agar dilakukan rapid antigen pada peserta masyarakat untuk antisipasi,” ujarnya

Satu persatu masyarakat yang mengikuti rapid antigen masal. Hasilnya, semua negatif. Peran lintas sektor dalam 3T ini sangat diperlukan untuk keberhasilan percepatan pencegahan Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Camplong

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mentaati dan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu kami berharap kepada masyarakat ikut serta dalam program vaksinasi Covid-19, agar segera terjadi kekebalan masal,” pintanya (Hari/lutfi)

Tinggalkan Komentar